Kuroko no Basuke

Kuroko no Basuke, atau yang berarti the basketball which Kuroko  Play. Genre animenya shonen, sport, comedy.

Kuroko-no-Basuke-Episode-75-Subtitle-Indonesia 

Jarang sekali aku tertarik dengan anime shonen yang bergenre olahraga. Sejauh ini satu-satunya anime bergenre olahraga yang aku suka adalah Captain Tsubasa. hahahaha, mainstream sekali kan. Mungkin karena waktu itu anime ini di tayangkan pada timing dan moment yang pas buatku. Dan menjadi salah satu memorable anime buatku. Yah mari kita skip saja dulu untuk latar belakang anime Captain Tsubasanya. Next post I’ll tell about it.

Kuroko no Basuke, anime ini bukanlan anime baru, sehingga bisa di bilang aku sedikit ketinggalan jaman. Tapi ada hikmahnya juga dengan ketinggalan jamanku itu. Paling tidak aku bisa maraton nonton animenya tanpa harus sabar menunggu episode selanjutnya. Karena saat aku nonton anime ini sudah tayang 3 season (yang masing-masing season berjumlah 24 episode). Sebenarnya seperti sebelum-sebelumnya sudah banyak yang me recommend anime ini buatku, tapi karena aku kurang suka genre sport jadi aku mengabaikannya. Sampai akhirnya entah ada bisikan apa, tiba-tiba aku bernafsu sekali ingin menonton anime ini, like a fate. And then it’s not bad at all. Throught this anime, i can feel even a figuran like me have an own story.

Plot anime ini di awali dengan prolog legenda kiseki no sedai (Generasi keajaiban) dari SMP Teikou,  yang artinya 5 anggota tim basket SMP Teikou yang sangat berbakat dan hanya bisa di temukan 10 tahun sekali, sehingga menjadi team yang sangat kuat dan selalu memenangkan kejuaraan. Tetapi dalam legenda tersebut ada isu lain yang tidak banyak orang ketahui yaitu tentang anggota kiseki no sedai ke 6 (anggota bayangan), Kuroko Tetsuya. Yup, dia adalah pemeran utama di anime ini.

Selanjutnya cerita di mulai pada musim semi tahun ajaran baru di SMA Seirin. Ada seorang siswa baru dengan perawakan tinggi dan besar, dengan rambut merah atau mungkin ungu ya (abaikan saja, karena aku susah membedakan warna), serta mempunyai alis yang bercabang. Siswa baru tersebut bernama Kagami Taiga, yang pada saat itu langsung mendaftar ke klub basket SMA Seirin. Disusul dengan Kuroko yang pada saat mendaftar tidak ada yang menyadari hawa keberadaannya. Pada saat latihan pertama pun, para pemain dan pelatih mereka, sempat beberapa kali terkejut karena hawa keberadaan kuroko yang tipis, dan tiba-tiba muncul tak terduga (tenang genre animenya bukan horor atau misteri).

Klub Basket Seirin adalah klub basket yang baru di dirikan satu tahun yang lalu, tetapi prestasinya tidak jelek juga, mereka masuk dalam semifinal di kualifikasi kejuaraan interhigh. Di pimpin oleh captain Hyuga Junpei, seorang pria berkacamata dan mempunyai hoby mengooleksi action figure pahlawan jaman edo jepang. Tetapi jangan salah saat bemain basket dia bisa berubah menjadi on fire, dan sangat bagus dalam tembakan 3 angka. Dan anggota lainnya yang meskipun tidak meyakinkan tapi mempunyai kemampuan yang cukup tangguh. Ditambah Pelatih tim basket Seirin yang adalah seorang siswi SMA Seirin juga yaitu Aida Riko. Riko, merupakan anak dari seorang instruktur atau pelatih olah raga, sehingga dari kecil dia sudah terbiasa dengan pelatihan olahraga. Dan bisa di andalkan sebagai pelatih.

Awalnya Kagami sempat heran kenapa orang seperti Kuroko yang perawakannya tidak meyakinkan untuk menjadi seorang pemain basket, ikut masuk dalam klub basket Seirin. Pada saat Kagami menantang Kuroko pun, Kuroko sama sekali tidak berdaya melawan Kagami. Dan Kuroko sejak awal sudah tahu bahwa dilihat dari manapun Kagami lebih kuat darinya. Tapi Kuroko tetap akan bermain basket dengan caranya sendiri, yaitu dengan menjadi bayangan.  Dan hal itu di buktikan pada saat tim Seirin melawan SMA Kaijo, yang salah satu anggotanya adalah mantan anggota Kiseki no Sedai SMP Teikou, Kise Ryouta. Dengan umpan-umpan yang diberikan Kuroko, dan dengan memanfaatkan hawa keberadaan kuroko yang tipis, akhirnya mereka bisa mengimbangi permainan SMA Kaijo.

Dalam 3 Season ini kita akan di suguhkan pertandingan dan perjuangan SMA Seirin dalam merebutkan piala Interhight dan Winter Cup. Yang nantinya dalam perjuangan tersebut mereka akan dipertemukan dan melawan para mantan anggota Kiseki no Sedai SMP Teikou yang telah masuk di SMA yang berbeda-beda. Tidak hanya melawan Kiseki no Sedai, tapi mereka juga nantinya akan berhadapan dengan team-team lainnya yang tidak kalah kuat.

Plot yang di suguhkan dalam anime ini menurutku sangat bagus, meskipun ringan akan tetapi tetap bisa buat merinding (sekali lagi ini bukan genre horor). Dan penggambaran masing-masing karakter dalam anime ini juga sangat bagus, itu lah point utama yang bisa buat aku jatuh hati dengan anime ini. Karena bagiku dalam sebuah drama atau anime point utama nya adalah karakter, semakin jelas penggambaran atau pembawaan karakternya maka semakin bisa membuatku tertarik untuk menontonnya. Tentu saja plot juga mempengaruhi bagus atau tidak nya sebuah anime atau drama. Dan dalam anime ini kita di suguhkan keduanya dengan apik. Masing-masing karakternya tidak ada yang terpakai percuma, meskipun itu hanya figuran sekalipun. Padahal dalam anime bergenre sport seperti ini, pasti memiliki jumlah karakter yang tidak sedikit. Dan Kuroko no Basuke sanggup mengolahnya sesuai porsinya. Ahh, dan satu lagi alasan yang membuatku tertarik dengan anime ini, meskipun ini genre shonen tapi art nya tidak seperti genre shonen kebanyakan. Jadi ada sedikit unsur art shoujo nya.

Karena aku penggila sebuat karakter, jadi kalau di tanya best chara disini siapa. Maka aku pilih karakter mantan kapten kiseki no sedai, yaitu Akashi Seijuro. Di sini karakternya adalah yandere type. He is  a litle bit weird and saico but at the same time, u will fall for him. Or maybe it’s just me that fall for this character cz i’m weird to. wkwkwkwkwk.

Here we go, penampakan character Akashi Seijuro

images (7)

Untuk rating jika di suruh vote 1-10, so i’ll give 9,5. Kenapa kusisakan 0,5, this is spoiler alert, karena tim karater favoritku tidak berakhir sesuai harapan. wkwkwkwkwk

 Yosh, itulah sedikit review ku untuk recommend anime bergenre sport. Bagus buat yang selalu merasa jadi figuran semata. Being figuran isn’t bad at all. Silakan mencoba menonton nya^^.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s