[RANDOM TALK] Masa Dulu & Masa Kini

Random talk again. Tenang, postingan ini tidak mengandung curhatan yang berbau kebaperan soal asmara atau semacamnya ๐Ÿ˜€ . Postingan ini hanya berisi ungkapan moment yang saat ini sedang aku alami tentang dunia per K-popan.

Pernah aku dengar quote micin di salah satu drama bahwa ketika kita masuk di usia 20 maka waktu akan terasa sangat cepat. Dan itu benar-benar seperti apa yang aku rasakan. Rasanya seperti baru kemarin ngesot-ngesot cari kerja dan masuk kuliah. Dan sekarang tahu-tahu sudah lulus kuliah dan Alhamdulillah sudah dapat kerjaan yang lumayan (meskipun salah jurusan wkwkwk). Cukup sekian intronya ๐Ÿ˜€ , apa hubungannya dengan dunia K-pop?

Flashback di tahun 2011-2012 an saat usiaku baru masuk di usia 20an. Dulu pas jaman-jaman itu K-pop masih booming-boomingnya dan aku masih dengan masa kejayaan ke alayanku di dunia Facebook. Ditambah aku rajin banget sowan ke blog-blog yang bahas K-pop. Sebut saja nama blognya Koreanindo & Yeppopo (semoga tidak di permasalahakan karena menyebut merk ๐Ÿ˜€ ) di tambah juga demen mampir ke allkpop . Di Facebook aku bahkan punya fanpage sendiri yang bahas soal Kpop, meskipun yang like fanpagenya gak sampai 1.000 wkwkwkwk serta jarang sekali aku menjamahnya, karena saking sibuknya bersosialisasi di blog dan group-group K-pop di FB. Dulu aku banyak mengikuti group-group FB yang bahas soal K-pop. Meskipun tidak rajin-rajin amat coment di FB maupun blog. Tapi bisa dikatakan aku selalu aktif di dua sosial media tersebut. Apalagi di artikel-artikel yang bahas idola-idola kesukaanku. Baik itu boygroup, girlgroup, aktris maupun aktor drama.

Banyak sekali yang terjadi di masa itu menyangkut hobi dan ke alayanku. Yang kalau di ingat-ingat sekarang, rasanya memalukan banget wkwkwkwk. Itu adalah satu dari sekian alasan, aku menonaktifkan akun facebookku. Gak nguati banget pokoknya kalau lihat postingan-postingan masa lampau itu.ย  Berikut adalah hal-hal yang membekas di ingatanku pada masa itu.

  • FANWAR

Fanwar adalah salah satu bagian dari penggemar K-Pop. Atau mungkin sudah jadi budaya kali ya, karena bahkan sampai sekarang pun kadang aku masih saja menjumpainya di beberapa artikel. Walaupun tidak seheboh pada masa itu. Dulu tiap kali ada postingan yang sedikit saja menyinggung para idola masing-masing penggemar pasti ada saja salah satu penggemar yang tersinggung dan mulai mengeluarkan api-api pertikaian wkwkwkw. Dan jujur waktu itu aku sedikit menikmati para coment yang sedang fanwar wkwkwkwkw. Kadang coment-coment ku berisi dukungan di salah satu kubu. Tapi lebih sering comentku adalah berupa micin-micin yang gak jelas, yang aku sendiri gak ngerti aku ngomong apa wkwkwkwk. Atau kadang aku hanya jadi silent reader yang menikmati baca coment-coment fanwar itu sambi nyemil di balik laptop.

Pernah dulu waktu ada berita issue Bulying T-ara. Peristiwa itu adalah salah satu peristiwa bersejarah di dunia per K-popan pada jamannya. Pada waktu itu aku rajin banget me refresh blog-blog yang sering aku kunjungi.ย  Tujuannya adalah untuk melihat update coment yang ada di artikel yang bahas soal kasus Bulying T-ara. Semua blog-blog Kpop yang bahas artikel itu pasti tidak luput dari coment-comenct fanwar. Apalagi kalau sudah mampir di allkpop, fanwar disana bisa di katakan fanwarnya skala international ><.

Karena aku bukan penggemarnya mba-mba T-ara jadi aku jarang sekali menyumbang coment di artikel-artikelnya yangย  membahas kasus tersebut. Tapi aku suka mengamati coment-coment para pembacanya. Ada yang menghujat ada yang membela. Waktu itu aku merasa isi artikel dan isi coment, lebih menarik isi comentnya ๐Ÿ˜€ . Sebenarnya tidak hanya di artikel T-ara saja yang rawan Fanwar. Tapi di artikel-artikel yang membahas artis-artis top pasti juga rawan fanwar. Dan pasti ada saja user-user yang sebenarnya bukan penggemar, tapi selalu memancing fanwar dan memanas-manasi kedua kubu penggemar.

Mungkin saat ini tradisi fanwar itu masih ada, cuman aku merasa fanwar jaman sekarang tidak seheboh jaman dahulu kala, wkwkwkwk. Bisa jadi itu karena aku sudah tidak ikut berpartisipasi lagi (tobat jadi silent reader), jadi kesannya biasa-biasa saja. Atau karena para pemain fanwar dahulu kala sudah tidak ada lagi atau mungkin sudah pensiun. Dan ditambah sudah jarang yang main di dunia perblogan.

  • FAN FICTION (FANFIC)

Fan fiction itu bisa di bilang seperti cerpen atau karangan, yang dibuat oleh para fans-fans. Dengan menggunakan toko idola mereka masing-masing sebagai pemeran utamanya. Aku bukan penggemar fanatik ataupun pengarang fanfic, tapi membaca fanfic adalah salah satu kegiatan yang cukup menghibur. Genre fanfic pun beragam-ragam. Ada yangย  genrenya normal (pemeran utamanya murni cewek dan cowok), ada yang romance tetapi pemeran utamanya sesama jenis, ada juga yang genrenya yang bisa di bilang genre dewasa (Kadang saat baca yang genre ini, sempat bertanya-tanya pengarangnya sendiri umur berapa ya ๐Ÿ˜ ). Meskipun fanfic hanya cerita karangan para penggemar K-pop, tapi jangan ngeremehin fanfic loh ya. Karena ada beberapa fanfic yang ternyata di angkat jadi buku oleh salah satu penerbit.Aku sempat menjumpainya pada saat cari buku di gramedia.

Jaman dahulu kala fanfic itu bertebaran di mana-mana, baik di facebook maupun di blog-blog. Jadi kita banyak pilihan mau baca fanfic yang genre apa dan pemerannya dari group mana. Saat ini aku jarang sekali atau mungkin sama sekali tidak pernah menjumpai fanfic lagi. Mungkin karena aku yang sudah jarang maen di blog dan tidak punya akun facebook lagi. Karena dulu fanfic banyak bertebaran disana.

  • FANDOM

Ini adalah hal yang tidak bisa di lepas dari dunia per K-popan. Bagi para penggemar K-pop pasti sudah mengerti arti dari fandom itu sendiri. Jadi aku tidak perlu panjang lebar menjelaskan definisinnya ๐Ÿ˜€ . Yang mau aku ceritakan disini adalah fandom apa yang dulu booming pada masa-masa itu. Sebenarnya dulu banyak sekali fandom dari berbagai macam jenis boygroup dan girlgroup, yang kalau aku sebutin satu-satu membuatku ngantuk dan mungkin akan menjadikan postingan ini tidak pernah muncul ke permukaan ๐Ÿ˜€ . Dulu fandom-fandom yang paling merajalela di facebookku adalah Elf (Fans dari Super Junior), Big Bang (Fans dari Bigbang), Sone (Fans dari SNSD), Blackjack (Fans dari 2ne1). Itu adalah ke empat fandom besar menurut versiku. Kenapa aku bilang mereka fandom besar, karena di setiap artikel yang bahas mereka pasti selalu ramai. Entah itu ramai comentย  tentang artikelnya atau ramai karena fanwar wkwkwkwk.

Dan, karena dulu K-pop itu dalam masa kejayaannya. Jadi tingkat persaingan fandom itu sangat kuat sekali. Kalau kita salah kata sedikit saja yang bisa menyindir atau menghina fandom sebelah, bersiaplah terkena serangan beruntun dari fandom lawan wkwkwkwkw. Aku pribadi dulu adalah seorang VIP & Blackjack, yang kadang berusaha bersikap cool & sabar kalau ada fanwar dari fandom sebelah (kayak pencitraan gitu wkwkwkw). Tapi kadang aku juga ikut labil dan meladeni fanwar-fanwar tidak jelas itu wkwkwkwk.

Kalau masa kini, karena salah satu girlgroupku sudah bubar & para boygroup & girlgroup di jaman dulu sudah mulai jarang munculย  jadi aku merasa para fandom-fandom yang lain pun juga ikut pensiun. Jadi meskipun ada grilgrou ataupun boygroup yang lagi comeback, hebohnya tidak seperti dulu lagi. Dulu muncul teasernya saja, masing-masing fandom pasti berlomba untuk menunjukkan ke excited an mereka.

  • KONSER KPOP DI INDONESIA

Ini adalah salah satu hal yang membekas di ingatanku untuk masa itu. Karena Kpop sangat gencar masuk di Indonesia, jadi para promotor berlomba-lomba untuk mendatangkan artis-artis korea ke Indonesia. Dulu yang paling rajin konser di Indonesia adalah Super Junior. Rasanya tiap tahun mereka pasti datang ke Indonesia. Dan konser merekapun di adakan sampai 2-3 hari saking banyaknya penggemar mereka di Indonesia. Dan masih membekas sekali di ingatanku, waktu suju konser di Indonesia pasti di beranda facebook dan timeline twitterku penuh dengan status konser mereka.

Walapun aku dulu mengaku fandomku adalah VIP & Blackjack. Tetapi aku adalah tipe fandom dari golongan menengah ke bawah wkwkwk. Jadi aku hanya bisa mensupport mereka dari gratisan internet di kantor dan ketikan keyboard di coment-coment artikel mereka. Saat Big Bang mengadakan Alive Tour di Indonesia waktu itu, rasanya seneng banget. Walaupun tidak bisa kesana langsung, tapi feelku saat itu amat sangat senang mereka menginjakkan kaki di Indonesia. Tiket untuk konser-konser K-pop pada jaman itu amat mahal menurut ukuran kantongku, yang saat itu masih status anak kuliahan dan karyawan dengan gaji pas-pasan.ย  Herannya aku memang sama sekali tidak berminat pergi ke acara konser-konser seperti itu. Aku selalu berfikir pergi ke konser-konser seperti itu hanya akan membuang uang, karena untuk penggemar dari golonganku pasti hanya mampu beli tiket yang di tribun. Dan itu pasti jauh dari panggung, yang hanya bisa lihat idola kita dari layar-layar yang ada di stadium. Jadi apa bedanya dengan melihat mereka di layar-layar tv atau laptop wkwkwkwk. Yah itulah suka duka jadi penggemar yang kere.

Kalau sekarang, masih ada beberapa artis-artis Kpop yang konser ke Indonesia. Tapi mungkin yang datang adalah idola-idola masa kini, jadi aku sama sekali tidak bisa merasakan kehebohan dan kemeriahannya seperti dahulu kala. Yang dulu setiap detik dan menit selalu ada saja update status dari para artis yang sedang konser di Indonesia.

Itulah beberapa kenanganku di dunia Per K-popan pada masa itu. Yang meskipun sekarang sudah mulai tobat dari kealayan dan ke fanatikan pada dunia per K-popan. Tetapi masih suka ngikutin berita-berita serta drama-drama mereka. Dan akhir-akhir ini aku rindu sekali masa-masa itu ๐Ÿ˜€ .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s