Fav Drama Part 1 (My Name is Kim Sam Soon)

Sebagai pecinta drama korea dan jepang. Tentunya ada beberapa drama yang masuk dalam kategori favoritku. Dan meskipun makin banyaknya drama-drama baru yang bermunculan. Drama-drama yang menjadi favoritku ini tetap menjadi juaranya. Aku adalah tipikal orang yang enggan banget nonton dua kali drama yang sudah aku tonton. Karena disamping waktuku yang terbatas (karena sibuk meratapi hidup 😀 ), juga masih banyak drama-drama yang masuk dalam waiting list buat aku tonton. Tapi hal itu menjadi pengecualian untuk drama-drama plihanku ini. Kadang aku bisa menontonnya lagi jika feelnya dapet. Meskipun aku sudah menontonnya beberapa kali. Feel yang aku dapat masih sama seperti pertama kali aku menontonnya.

My lovely Sam Soon atau My name is Kim Sam Soon

Aku pertama kali menonton drama ini saat aku masih SMA. Atau mungkin lebih tepatnya saat aku memasuki masa akhir SMA sekitar tahun 2009 an. Saat itu aku masih menjadi gadis remaja yang pada umumnya. Suka sama pemain yang ganteng-ganteng dan drama-drama yang romatis. Dan waktu itupun aku masih belum punya laptop serta jaringan internet. Jadi satunya-satunya jalan agar aku bisa menonton drama korea adalah dengan menonton di TV. Yang berarti aku harus bisa menyesuaikan waktuku dengan jadwal tayang TV saat itu. Waktu itu drama “My Lovely Sam Soon” ini di tayangkan di Indosiar dan untungnya jam tayangnya bisa aku tonton setelah aku pulang sekolah. Pada masa itu drama Korea masih menggunakan dubber suara dan bahasa Indonesia. Tapi bagiku  dubber di chanel Indosiar adalah dubber yang terbaik dibanding dengan chanel-chanel lainnya, not awkward at all.

cr pic : asianwiki

Awalnya aku agak kurang suka dengan penampilan pemeran utama ceweknya “Kim Sun Ah”. Karena perannya disana yang perawakannya gemuk dan berumur 30an sedangkan pemeran cowoknya si mas “Hyun Bin” yang bagiku sampai saat ini masih jadi manusia terganteng se-Korea. Jika orang Korea sana memuja-muja Won Bin karena kegantengannya. Bagiku Hyun Bin yang paling ganteng (dilarang protes hehehe).

Kim Sun Ah as Kim Sam Soon

Dan pepatah don’t judge a book by its cover memang benar adanya. Justru karakter Sam Soon yang awalnya aku pandang sebelah mata. Akhinya menjadi salah satu karakter yang paling aku sukai sampai saat ini.  Di drama ini Kim Sun Ah berperan sebagai seorang patissier (koki khusus pembuat cake atau desert) bernama Kim Sam Soon yang berperawakan chubby atau sedikit gemuk dengan umur yang menginjak 30 tahun dan masih berstatus single.

Sifat dari karakternya adalah selalu ngomong apa adanya, artinya ceplas-ceplos. Dia gigih banget dalam mencari pasangan, meskipun selalu gagal dalam kencan buta. Kelakuannya juga bisa di bilang lucu, dan aneh. Dan tidak seperti kebanyakan pemeran utama wanita di drama-drama lain, yang sifatnya cengeng dan lemah lembut. Hal itu beda sekali dengan aktingnya Kim Sun Ah. Dan sebenarnya tubuh Kim Sun Ah itu bagus banget, tinggi dan langsing bak model. Tapi untuk perannya di sini dia rela menggemukkan badannya yang indah itu.

Kim Sun Ah saat di drama I do I do

Sifatnya di sini tegas dan santai atau bisa di bilang selengean, tetapi juga tegas dalam setiap ucapan atau keputusan yang dia ambil. (spoiler alert) Diawal episode diceritakan dia putus dengan pacarnya di malam natal. Karena memergoki pacarnya sedang di hotel bersama wanita lain. Saat itu tentu dia patah hati dan sedih banget. Tapi setelah itu Sam Soon tidak ambil pusing dan tetap move on buat cari jodoh lagi. She is brave in different way. Ibaratnya setiap lihat karakter Kim Sam Soon ini, kita seperti melihat komedi berjalan 😀 . Berkat kepribadian karakternya itulah si pemeran utama pria “Jin Hun” yang di perankan oleh Hyun Bin jadi fall in love dengannya.

Hyun Bin as Jin Hun

Karakter Hyun Bin sebagai “Jin Hun” pun merupakan karakter favoritku. Dia berperan sebagai cucu dari seorang pemilik hotel, tetapi membuka usaha restoran sendiri. Yaitu tempat Sam Soon bekerja sebagai patissier. Sifatnya yang egois dan suka seenaknya kadang membuat Sam Soon Jengkel. Karakter Jin Hun juga memiliki sifat yang sensitif hal itu di karenakan karena masa lalunya.  Jadi kadang saat Sam Soon menanyakan hal-hal tentang masa lalunya dia bawaannya langsung naik darah. Dan juga dia bisa mengekspresikan perasaannya yang sangat terluka saat bertemu kembali dengan Yeo Hee Jin. Mantan kekasihnya yang sudah meninggalkannya selama 3 tahun tanpa kabar.

Meskipun sifat buruknya adalah egois, tapi justru itulah yang menjadi daya tariknya disini. Adegan yang paling berkesan & paling membuatku terkesima dengan karakter Jin Hun ini adalah pada saat dia bilang ke Sam Soon supaya tidak bertemu atau melirik pria lain selain dia (padahal status mereka cuma pura-pura jadian). Dan yang paling subhanallah sekali dari karakter Jin Hun ini adalah betapa gantengnya mas Hyun Bin di masa mudanya 😀 .

HAL-HAL YANG MENARIK DI MY NAME IS KIM SAMSOON

  • Profesi pekerjaan pemeran utama wanitanya. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya bahwa profesi Sam Soon di sini adalah sebagai patissier. Menurut wikipedia, kata patissier di ambil dari bahasa perancis yang berarti seorang chef pastri yang telah tamat dalam suatu proses latihan panjang, dan lulus dalam ujian.

Jadi banyak scene di drama ini yang menampilkan Kim Sam Soon dalam membuat berbagai macam kue atau pastri. Tidak hanya itu, kadang Sam Soon juga menjelaskan tentang rasa dan cara menikmati dari beberapa kue yang muncul di drama ini. Jadi bisa menambah sedikit pengetahuan tentang dunia perkuean.

Madeleine : Roti yang berasal dari perancis. Menurut Sam Soon cara menikmati roti ini yang benar adalah dengan cara mencelupkannya ke teh lalu mengunyahnya.
  • Setting tempat yang di pakai. Bukan drama Korea namanya jika di dramanya tidak mengekspos tempat-tempat yang bisa menunjang dunia pariwisatanya.  Di sini ada adegan yang menampilkan Sam Soon dan Jin Hun naik kereta gantung yang menuju Namsan Tower. Lalu adegan saat Sam Soon dan Jin Hun naik ke gunung hallasan di pulau jeju. Kedua tempat itu adalah tempat wisata unggulan di Korea apalagi yang namanya Namsan Tower.
Salah satu scenenya, di kereta Gantung menuju Namsan Tower

Bagi pecinta drama korea, atau segala sesuatu yang berbau korea. Pasti tidak asing dengan namsan tower. Sebuah pemancar radio yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Gedung ini dibangun pada tahun 1969, dan dibuka untuk umum pada tahun 1980, tinggi menara ini mencapai 236.7 m (777 kaki) dari dasar dan berada di ketinggian 479.7 m (1,574 kaki) di atas permukaan laut. Menara ini juga dinamai Menara Namsan atau Menara Seoul saja. Namun setelah pemilik menara bekerja sama dengan CJ Corporation (OMG betapa kayanya CJ ini, punya bidang dimana-mana), menara ini dinamai Menara Seoul N (nama resmi Menara Seoul CJ) cr. wikipedia.

Yang menarik pengunjung untuk datang ke Namsan Tower ini adalah adanya tempat yang romantis bagi sepasang kekasih. Yaitu tempat dimana para pasangan kekasih bisa memasang gembok disana. Mitosnya apabila kunci gembok yang di pasang di buang, maka pasangan kekasih tersebut tidak akan terpisahkan. Disana ada kafe-kafe yang menjual gembok dengan berbagai warna dan bentuk yang unik. Para pengunjungpun bisa menuliskan nama pasangan, atau pesan lain di gembok tersebut. Bagi wanita single seperti saya, mungkin tempat ini harus di hindari (bwahahahaha).

Lokasi tempat memasang gembok di Namsan tower

Disamping Namsan Tower,setting lokasi yang juga bagus dan menjadi setting favoritku di drama ini adalah restoran milik Jin Hun. Yang juga merupakan tempat Jin Hun bekerja. Restorannya memiliki nuansa yang bagus dengan mengusung tema ala-ala restoran paris. Tata letak bagian dapur, kantornya, juga ruangan depan tempat para customer makan. Semuanya di tata dengan bagus interiornya. Aku menyukai adegan-adegan yang terjadi di tempat ini, dan juga kebanyakan adegan Sam Soon membuat kue dikerjakan di sini.

  • Para pemain pendukungnya. Semua pemain yang ada di drama ini aktingnya tidak ada yang jelek. Jung Ryeo Won, yang menjadi second lead di drama ini. Berperan sebagai Yeo Hee Jin mampu membangun chemistry yang sangat bagus dengan Hyun Bin. Tidak kalah dengan chemistry yang di timbulkan oleh Hyun Bin dan Kim Sun Ah. Karakter Yeo Hee Jin sanggup membuat penonton ikut merasakan betapa malangnya kisah cintanya dengan Jin Hyun. Yang harus berpisah dengan Jin Hun selama 3 tahun karena menderita Anorexia. Adegan dari karakter Yeo Hee Jin disini berfungsi sebagai adegan-adegan yang serius dan mellow.
Jung Ryeo Won as Yeo Hee Jin

Disini karakter Hee Jin dapat menunjukkan kegigihannya agar bisa kembali lagi dengan Jin Hun. Dan karena hal itu dia menjadi canggung dan merasa tidak nyaman dengan Sam Soon. Tapi berkat sifat Sam Soon yang selengean dan ceplas-ceplos dia jadi bisa sedikit akrab dengan Sam Soon.

Sedangkan karakter lainnya ikut ambil bagian untuk membuat kita tertawa. Karakter-karakter itu adalah nenek dari Jin Hun, Ibu dari Sam Soon, Kakak perempuannya Sam Soon, Si kepala cheff di restoran Jin Hun. Ah, mayoritas semua pemainnya selalu bisa buat tertawa (jadi bingung mau sebutin siapa aja).

Jika ada karakter yang ambil bagian di adegan serius dan komedi. Di drama ini ada karakter yang menurutku berfungsi sebagai pemanis. Saking lucu dan imutnya perannya. Dia adalah keponakan dari Jin Hun. Karakternya bernama Hyun Mi-Joo yang di perankan oleh aktris cilik pada jamannya yaitu Seo Ji Hee. Dia karakternya disini adalah sebagai gadis cilik yang memiliki gangguan psikologis tidak mau berbicara. Sebenarnya dia bisa berbicara. Akan tetapi di karenakan sebuah kecelakan yang di alaminya bersama kedua orang tuanya dan Jin Hyun, yang akhirnya kedua orang tuanya meninggal dunia dan membuat dia tidak mau mengeluarkan suara. Walaupun dia perannya sebagai anak yang tidak berbicara. Ekspresi yang di buatnya lucu banget dan bikin gemes rasanya.

Lovely Mi Hoo ^^

Genre drama ini bisa di bilang adalah comedy romance. Jadi saat nonton drama ini kita sering banget di buat tertawa oleh setiap adegannya. Tapi, hal-hal romantisnya juga ngena banget. Di tambah sound tracknya yang menurutku pas banget dengan setiap adegannya. Chemsitry kedua pemeran utamanya pun juga sangat bagus. Meskipun Hyun Bin berperan sebagai berondong yang lebih muda 3 tahun dari Kim Sun Ah, tapi mereka tidak canggung sama sekali. Dan setiap adegan mereka berdua, selalu bisa membuat penonton tertawa.

Scene favoritku adalah saat si Jin Hun menyatakan cintanya ke Sam Soon di kamar mandi hotel. Sebelum menyatakan cintanya itu. Jin Hun secara tidak sengaja bertemu Sam Soon di loby hotel dengan mantan kekasihnya. Dia yang beberapa hari sempat ragu dengan perasaannya terhadap Sam Soon. Awalnya hanya membiarkan mereka berdua saja. Tetapi setelah dia keluar hotel, dia langsung berlari balik lagi. Dan menarik paksa Sam Soon, lalu membawanya ke kamar mandi cowok. Disanalah Jin Hun menyatakan cintanya ke Sam Soon. Yang menambah adegan itu sangat memorable buatku adalah backsoundnya yang dramatis saat Jin Hun berlari kembali lagi ke dalam hotel untuk bertemu  Sam Soon (ost : She is by Clazziquai).

Dan ternyata drama ini merupakan salah satu drama legendaris di korea sana. Karena pada saat penayangannya drama ini mendapat rating yang tinggi di jamannya. Yang rata-rata rating dari keseluruhan episodenya mencapai 39,6 % se korea. Dan salah satu lokasi syuting dari drama ini yaitu  tangga yang di gunakan saat menuju Namsan Tower dinamakan menjadi Samsooni Stairs.  Karena adegannya pada saat di tangga tersebut menjadi trade mark dan viral di Korea sana . Yaitu pada saat di episode terakhir, adegan dimana jin Hun dan Sam Soon berjalan di masing-masing sisi tangga yang mempunyai dua sisi. Dan mereka berciuman saat di tengah-tengah tangga dari masing-masing sisi tangga tersebut.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s